Pantai Cermin yang terletak di Desa Karan Aur sekitar 1,5 km ke selatan Kota Pariaman. Secara fisik Pantai Cermin cukup landai dengan kemiringan 0-2 %, bagian pinggiran sebahagian besar ditumbuhi pohon pinus dan pohon kelapa yang rindang. Potensi alam sangat menarik untuk dinikmati karena kondisi lingkungan pantai relative terjaga.

Warna pasir kuning gading tanpa lumpur menambah asyiknya berwisata bersama keluarga. Fasilitas di area ini cukup memadai dan relative aman. Di lokasi tempat restoran yang cukup representative menyediakan menu khas kapalo ikan gulai, cumi goring, aneka jenis ikan laut dan minuman segar lainnya dengan cita rasa yang lezat.

Area Pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berkemah karena lokasinya yang luas dan sejuk

Di pantai ini pula terdapat sebuah taman yang didedikasikan buat Anas Malik, tokoh daerah yang menjadi prototipe seorang pemimpin yang berhasil mengemban amanah.

Di taman ini berdiri bangunan-bangunan semacam bungalo kecil untuk peristirahatan. Bungalo itu dilengkapi dengan bangku dan meja dan sandaran-sandaran dari kayu. Di sana pengunjung dapat bersantai melepaskan lelah sembari memandang ke laut lepas. Angin laut yang berhembus bersatu dengan angin daratan yang lembut akan menyejukkan badan yang panas. Taman ini dipercantik deretan pohon kelapa yang tidak begitu tinggi tetapi cukup berdaun rimbun dan di bawahnya hamparan rumput terlihat menghijau. Di sela-sela pepohonan terdapat jalan-jalan kecil yang ditata sedemikian dengan ban-ban yang dihias berwarna-warni. Anak-anak dapat bermain dengan aman dan leluasa di sini.

Rumah pohon buatan yg di buat oleh pemerintah kota pariaman ini disediakan untuk memfasilitasi pengunjung pantai untuk menemani anak-anak mereka bermain. Area bermain anak-anak ini paling digemari karena memakai konsep out bond atau mainan ketangkasan. Setiap sore area ini penuh dengan anak-anak kecil yg berebut menaikinya

Untuk sampai ke Pantai Cermin, akses jalan sama sekali mudah, baik, dan terawat. Anda bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk kendaraan umum, Anda bisa menggunakkan angkutan kota (angkot), ojek, taksi, maupun bendi, yakni angkutan umum tradisional yang ditarik oleh kuda. Biayanya beragam, untuk angkot biasanya dikenakan tarif sekitar Rp 3.000,- sekali naik, sedangkan untuk bendi ataupun ojek, tergantung dari jauh atau dekatnya jarak yang di tempuh, serta hasil tawar-menawar dengan pemiliknya.

Pariaman Skatepark ini berada di Kelurahan Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah bersebelahan dengan Taman Anas Malik yang dibangun lebih dulu. Dibangun diatas lahan seluas 36m x 20 m, arena ini berhadapan langsung dengan lepas Pantai Pariaman.

Adapun obstacle yang ada di Pariaman Skatepark adalah mini ramp, quarter, pyramid, banks, down ledge, flat rail, manual pad dan box. Obstacle inilah yang digunakan oleh para skater untuk ketangĀ­kasan dalam bermain dan melatih ketangkasan dalam bermain skate.

Selain itu pemanfaatan arena ini juga digunakan oleh pencinta olahraga inline skate(sepatu roda-red), dalam berlatih dan uji ketangĀ­kasan dengan menggunakan obstacle yang tersedia.

BAGIKAN